18/11/2017 - 03:59 AM
Sistem Informasi Konsultasi (SInTa) akses >> http://ditjenbun.pertanian.go.id/sinta/

Sekretariat Direktorat Jenderal Perkebunan

DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

Bimtek Etika Pelayanan Publik Lingkup Ditjen. Perkebunan

Penulis : Adminisator | Di Publish Pada : 2015-04-05 | Kategori : Perkebunan

Sejalan dengan pesatnya perkembangan zaman dan semakin kompleksnya persoalan yang dihadapi oleh birokrasi, maka telah terjadi pula perkembangan di dalam penyelenggaraan fungsi pelayanan publik, yang ditandai dengan adanya pergeseran paradigma dari rule government yang lebih menekankan pada aspek peraturan perundang-undangan yang berlaku menjadi paradigma good governance yang tidak hanya berfokus pada kehendak atau kemauan pemerintah semata, tetapi melibatkan seluruh komponen bangsa, baik birokrasinya itu sendiri pihak swasta dan masyarakat (publik) secara keseluruhan.

Dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik utamanya Pasal 10 ayat (2) diamanatkan bahwa penyelenggara pelayanan publik berkewajiban melakukan upaya peningkatan kapasitas pelaksana pelayanan publik. Memenuhi ketentuan tersebut, maka Direktorat Jenderal Perkebunan bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Yogyakarta menyelenggarakan Bimbingan Teknis Etika Pelayanan Publik lingkup Direktorat Jenderal Perkebunan pada tanggal 27 s.d 30 April 2015 yang diikuti oleh 25 orang peserta yang berasal dari unit Eselon II lingkup Ditjen Perkebunan termasuk UPT.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bagian Umum Sekretariat Ditjen Perkebunan mewakili Sekretaris Ditjen Perkebunan, didampingi oleh Direktur Lembaga Pendidikan Perkebunan. Dalam sambutannya disampaikan bahwa latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini adalah :

  1. Aparatur merupakan kunci keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan.
  2. Citra pengelolaan pelayanan terhadap masyarakat masih dinilai buruk.
  3. Perlunya peningkatan kompetensi aparatur dalam pelayanan terhadap masyarakat.

Peningkatan pelayanan masyarakat merupakan salah satu titik penting dari keseluruhan reformasi administrasi di Indonesia, sehingga Kementerian PAN dan RB telah menetapkan strategi peningkatan pelayanan publik salah satunya peningkatan profesionalisme pejabat dibidang pelayanan publik.

Bimbingan Teknis dilaksanakan dengan metode ceramah klasikal dan kunjungan lapangan dengan jumlah jam pelajaran sebanyak 32 JP. Adapun pengajar berasal dari Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian, Universitas Gadjah Mada dan LPP, sedangkan untuk lokasi kunjungan lapangan adalah Dinas Perizinan Pemerintah Kota Yogyakarta.


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

1 5 6 2 3 3 3 9
Pengunjung hari ini : 20
Total pengunjung : 2435627
Hits hari ini : 26
Total Hits : 12275115
Pengunjung Online : 1

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Harsono RM No.3, Gedung C Lantai 3, Ragunan - Jakarta Selatan 12550 - Indonesia
Telp. : (021) 7815380 - 4 Fax : (021) 7815486-7815586. Email : evaluasibun@pertanian.go.id