18/11/2017 - 03:57 AM
Sistem Informasi Konsultasi (SInTa) akses >> http://ditjenbun.pertanian.go.id/sinta/

Sekretariat Direktorat Jenderal Perkebunan

DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

Ditjenbun Percepat Jalur Pelaporan Melalui Sistem e-monev Perkebunan

Penulis : Adminisator | Di Publish Pada : 2015-03-30 | Kategori : Perkebunan

Bogor - Dalam rangka mempercepat alur sistem pelaporan serapan anggaran baik keuangan maupun fisik, lingkup Ditjen. Perkebunan, sekretariat Ditjen perkebunan menyelenggarakan bimbingan teknis e-monev perkebunan, yang di ikuti oleh perwakilan dari 88 satker mandiri lingkup Ditjen. Perkebunan pada hari Selasa - rabu tanggal 24-25 maret 2015, Di Bogor.

workshop ini bertujuan untuk memberi bimbingan teknis tata cara mengoperasikan  aplikasi e-monev perkebunan sehingga menghasilkan data yang akurat secara on line sebagaimana terurai dalam RKA-KL atas capaian kegiatan pembangunan Perkebunan (fisik dan keuangan) dan merekam permasalahan yang terjadi di setiap Satker sehingga dapat memberikan gambaran perkembangan pelaksanaan.

Narasumber dalam kegiatan bimtek e-monev dari Direktorat Sistem Penganggaran Ditjen Anggaran Kemenkeu yang akan mengajarkan cara mengisi e-monev anggaran Kementerian Keuangan yaitu aplikasi secara on line yang telah mengintegrasikan simonev Kementerian Pertanian sesuai Permentan nomor 135 tahun 2013 dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 249 Tahun 2011 untuk meng-up date capaian fisik dan keuangan per output kegiatan.

Dalam sambutannya Sekretariat Direktorat Jenderal Perkebunan Ir. Irmijati Rachmi Nurbahar, menyampaikan bahwa Penilaian kinerja dilaksanakan berdasarkan 4 (empat) kreteria yaitu capaian fisik, realisasi keuangan, pelaporan dan penanganan Laporan Hasil Audit/ Pemeriksaan. Capaian kinerja satker dilaksanakan per triwulan dengan membandingkan target Menteri dan hasilnya dikomunikasikan melalui surat Dirjen Perkebunan, baik kepada satker yang bersangkutan maupun Gubernur/ Bupati/Walikota selaku penanggung jawab pelaksanaan pembangunan perkebunan di wilayahnya. Sedangkan kinerja satker akan dinilai pada akhir tahun 2015 dan hasilnya akan dilaporkan ke Menteri dan digunakan sebagai dasar dalam penetapan alokasi anggaran tahun 2017.

Lebih lanjut disampaikan sesditbun bahwa pada tahun 2015 Ditjen. Perkebunan akan melakukan monitoring dan evaluasi baik secara reguler, monev terpadu lingkup Ditjen. Perkebunan dan Monev terpadu lingkup Kementerian Pertanian dengan membentuk tim wilayah binaan dan tim monev lingkup Ditjen. Perkebunan, sedangkan data capaian kinerja yang dilaporkan akan dipantau secara online oleh pimpinan dan dijadikan salah satu sumber materi dalam setiap pertemuan evaluasi, rapat pimpinan baik tingkat Kementerian Pertanian maupun lingkup Ditjen Perkebunan. Sehingga dengan sistem monev secara on line koordinasi dan kerjasama antar lini (pelaksana kegiatan dan pelaksana monev dan pelaporan) dilingkungan satker dapat berjalan lebih efektif yang pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja satker.

Selain itu pada tahun 2015 Kementerian Pertanian menargetkan capaian serapan anggaran satker pada  triwulan I minimal 10% (tidak boleh 0%), triwulan II minimal 50%, triwulan III minimal 75% dan triwulan IV mendekati 100%, tegas sesditbun.


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

1 5 6 2 3 3 3 9
Pengunjung hari ini : 20
Total pengunjung : 2435627
Hits hari ini : 26
Total Hits : 12275115
Pengunjung Online : 1

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Harsono RM No.3, Gedung C Lantai 3, Ragunan - Jakarta Selatan 12550 - Indonesia
Telp. : (021) 7815380 - 4 Fax : (021) 7815486-7815586. Email : evaluasibun@pertanian.go.id